Coding Labs - Berikut ini adalah tutorial dasar untuk melakukan integrasi Unity dengan Vuforia yang merupakan partner sekaligus vendor resmi penyedia teknologi Augmented Reality (AR). Meski Unity telah mencoba membuat engine AR sendiri yaitu AR Foundation, namun kelihatannya dalam beberapa tahun ke depan, Vuforia masih akan menjadi vendor AR resmi untuk Unity.
Pada tutorial kali ini kita akan fokus pada pengaturan damage controller.
Pasang Damage Controller dan sesuaikan ukurannya
Yang dipasang di badan karakter tipenya Damage Receiver
Isikan semua parameternya
Tag untuk Damage Controller ini adalah Enemy
Kalau belum ada Tag nya, bikin dulu
Jiah, typo lagi
Nah, kayak gini hasilnya
Salah ding, hehehe. Yang This Receiver = Player, yang That Reciver baru Enemy
Centang pula VarHealth agar Damage Controller ini dapat mempengaruhi health
Copy damage controller, dan tambahkan material merah buat pembeda. Damage controller ini akan kita gunakan sementara sebagai alat testing damage
Atur posisinya sesuai kebutuhan
Dan yang terpenting, atur tipenya jadi Damage Sender dan pasang semua parameter yang dibutuhkan
Setingan This jadi Enemy
Dengan damage Subtract = 10
Dan setingan That jadi Player
Klik Play! Coba dites dulu.
Dengan 2 windows Scene dan Game di split, coba drag Damage Controller merah ke putih, jika health barnya berkurang berarti sudah benar
Langkah selanjutnya duplikat karakter yang sudah diset
Jadi dua!
Atur setiap parameternya jadi kebalikan. Yang semula Player jadi Enemy.
Biar beda secara visual, pasang material merah aja sekalian
Oh ya, lupa, Remove Component semua mesh Damage Controller
Sehingga kalau di Play kedua karakter ini sudah terlihat keren
Selanjutnya pasang Damage Controller di tangan
Atur parameter seperti sebelumnya, untuk nyerang
Kenapa harus dipasang ditangan? Karena animasi yang saya pake adalah animasi tinju
Update
Package ZetBattleCard diupdate untuk mengatasi kegagalan rotasi karakter yang disebabkan oleh fungsi tracking Vuforia yang juga melakukan rotasi karakter.
Sementara untuk Health Bar, terdapat opsi untuk mematikan Auto Rotasi
0 Comments