Coding Labs - Berikut ini adalah tutorial dasar untuk melakukan integrasi Windows Speech Engine dengan Unity. Secara singkat, tutorial ini akan mencoba memanfaatkan algoritma Windows dalam menangkap suara dan menerjemahkannya ke dalam teks. Teks tersebut akan diubah menjadi suatu perintah untuk memodifikasi/berinteraksi dengan GameObject Unity.
Pada tutorial kali ini kita akan fokus pada dasar-dasar pendefinisian suara (keyword) dan tahap pendeteksiannya.
Buat aplikasi baru dengan Unity
Import Zetcil Variabel Model
Import Zetcil Dialog View
Import Zetcil Speech Controller (Ini dia rahasianya)
Pasang prefab SpeechController
Centang isEnabled
Karena SpeechController butuh VarString, jadi pasang dulu prefab VarString
Habis itu pasang VarString ke SpeechController
Pada atribut Keywords, buat Size = 2 dan masukan 2 kata On, Off. Kedua kata ini bisa dianggap sebagai kata yang akan dikenali oleh engine.
Selanjutnya tambahkan UIText.View
Masukan kalimat penjelas,misal: "Kata yang terdeteksi"
UIText butuh VarString jadi pasang juga deh VarString nya
Ada yang lupa! Prefab UIText harus dipasang sebagai child dari Canvas. Jadi buat dulu Canvas
Pasang UIText sebagai child dan atur posisinya
Paku UITextnya di pojok kiri biar nggak kemana-mana
Klik Play dan cobalah berkata "On" atau "Off" pada microphone Laptop/PC
Jika microphone berfungsi dan anda lulus mata kuliah bahasa inggris, harusnya SpeechController akan mengenali kata yang anda ucapkan
Tapi kalau anda ngulang mata kuliah bahasa inggris, berarti masalahnya ada di anda, bukan di engine nya
Kalau anda memang cupu dalam bahasa inggris, tenang, engine ini juga bisa mendeteksi bahasa lain, misalnya bahasa Indonesia
Jika anda ganti katanya dengan "Nyala" dan "Mati" masih bisa kedetek kok
Seriusan.
Sip! Karena Speech Engine sudah terbukti mampu mengenali suara, maka langkah selanjutnya adalah menentukan "Event apa" yang akan dilakukan jika suaranya terdeteksi. Centang parameter Using Event Settings dan tambahkan Size = 2
Untuk event pertama, pada pendeteksian kata "Nyala" kita akan buat Directional Light Active
Sebaliknya, untuk event kedua, pada pendeteksian kata "Mati" kita akan buat Directional Light Non-Active. Paham sampai sini?
Jadi jika anda Play, kemudian anda teriak "Mati" pada laptop, maka Directional Light secara otomatis akan disabled
Begitu pula sebaliknya. Mulai dari sini, kita akan bisa membuat beragam game dengan suara sebagai inputnya. Mantap temans!
Catatan: Tidak! Bagi anda yang berpikir bisakah script ini digunakan untuk aplikasi Android, saya tegaskan tidak! Karena script ini menggunakan SpeechEngine Windows sehingga hanya bisa digunakan untuk aplikasi berbasis Windows. Untuk aplikasi berbasis Android enginenya beda lagi dan nggak gratis. Nanti kalau ketemu yang gratis, saya kasih tahu, hehehe.
0 Comments