Coding Labs - Berikut ini adalah tutorial dasar untuk melakukan integrasi Windows Speech Engine dengan Unity. Secara singkat, tutorial ini akan mencoba memanfaatkan algoritma Windows dalam menangkap suara dan menerjemahkannya ke dalam teks. Teks tersebut akan diubah menjadi suatu perintah untuk memodifikasi/berinteraksi dengan GameObject Unity.
Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membuat mekanisme pergerakan dan penembakan sederhana dengan menggunakan mesh standar.
Buat aplikasi Unity baru
Tambahkan satu buah Cube
Reset posisinya menjadi 0,0,0
Kayak gini nih
Sehabis itu klik MainCamera dan pilih menu Align With View
Supaya tampilan Camera dan Scene jadi sama
Next, selanjutnya adalah buka menu Ligtning Settings
Dan klik tombol Generate Lightning (ini dilakukan jika proses Bake light gagal, jika sejak awal Cube anda sudah berwarna putih, langkah ini bisa diskip)
Oke. Selanjutnya pasang script Public Transform pada Cube
Ganti Speed = 10
Setelah itu tambahkan Speech Controller
Tambah juga VarString
Atur parameter Speech Controller
Dan kasih 1 kata awal untuk dideteksi yaitu move
Tambahkan juga ceker ayam
Atur nilai parameternya untuk VarString
Dan atur nilai event jika terdeteksi kata "move"
Kasih fungsi SetTransformTranslateVectorForward()
Oke. Mantap.
Klik Play kemudian cobalah berteriak "Aaaaaaarggh". Bukan! Berteriaklah "move"
Jika kemudian Cube nya jadi berjalan sendiri, berarti anda sudah benar.
Selanjutnya tambahkan kata kedua yaitu "stop"
Udah tahu fungsinya dong? Stop = berhenti. Bukan. Karena kata "stop" tidak dikaitkan dengan fungsi apa pun, maka kata ini akan menyebabkan pergerakan Cube gara-gara kata "move" berhenti. Jadi kata apa pun SELAIN "move" akan membuat Cube ini berhenti karena yang bikin Cube ini bergerak adalah kata "move". Mengerti nggak? Nggak? Sukur.
Selanjutnya kita tambahkan sebuah Sphere.
Pasang script ThisTransformTranslate. Atur nilainya untuk maju
Tes play dulu. Jika sudah maju berarti sudah ok
Jadikan Sphere merah itu sebagai Prefab.
Dan delete Sphere yang masih ada di Hierarchy
Next, pasang script "copas" yaitu PublicInstantiate di Cube
Pasang objek yang akan dicopas yaitu Sphere
Pasang parentnya yaitu Cube
Tambahkan lagi kata ketiga yaitu "shoot" pada Speech Controller
Atur nilai pada event Settings
Atur jika kata "shoot" terdeteksi kemudian Instantiate objek Sphere nya
Klik Play dan coba ngomong "shoot". Jika Cubenya menembak, berarti anda layak lulus matkul bahasa Inggris. Mantaap
0 Comments