Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Unity Mobile Gesture Tutorial #01 - Tap, Double Tap, Long Tap


Coding Labs - Berikut ini adalah tutorial dasar untuk melakukan pendeteksian mobile gesture dengan menggunakan Unity. Sebenarnya Unity telah memasukan seluruh method untuk mendeteksi gesture mobile pada class Input. Namun untuk mempercepat proses pembangunan game, khususnya, pendeteksian dan aksi terhadap gesture input, kita akan menggunakan Zetcil Framework. 

Buka aplikasi Unity baru


Import Variable Model


Import Mobile Controller


Import Game Controller


Buat object sederhana misalnya, dengan memasang sebuah Cube


Mobile Tap

Prefab Mobile Tap merupakan fungsi dasar pendeteksian Tap pada gadget.


Pasang prefab tersebut, klik Play dan jalankan. Sentuh pada layar dan perhatikan nilai-nilai variablenya berubah.

Catatan: Tutorial ini menggunakan laptop Touchscreen sehingga "touch" akan segera dikenali. Jika anda tidak menggunakan laptop Touchscreen anda harus membuild terlebih dahulu aplikasi ini untuk melihat efeknya atau dengan mengaktifkan parameter Using Mouse Simulation.


Parameter Using Mouse Simulation digunakan untuk melakukan simulasi sentuhan tangan/touch dengan menggunakan mouse.


Mobile Tap Selection

Prefab Mobile Tap Selection merupakan fungsi utama pendeteksian GameObject melalui sentuhan. Fungsi ini digunakan dan telah diinjeksi ke seluruh prefab mobile gesture Zetcil lainnya. Hasil deteksi dari Mobile Tap Selection adalah VarObject.


Untuk menggunakan prefab ini, anda perlu memasangkan paramete MainCamera


Tambahkan VarObject


Pasangkan parameter VarObject


Untuk bahan perbandingan, tambahkan satu buah GameObject lainnya


Klik Play, dan coba sentuh Cube


Selanjutnya coba sentuh Sphere.


Jika pendeteksian berhasil, selanjutnya pasang Checker Controller


Pilih VarObject dan masukan sebagai parameternya


Kita akan membuat pendeteksian sederhana, jika object yang dideteksi adalah Cube


Maka Directional Light akan dimatikan


Duplicate Checker Controller, dan pasang kondisi jika yang dideteksi adalah Sphere, nyalakan kembali api asrama yang pernah redup. Eaaa


Klik Play! Touch Cube


Touch Sphere. Kelihatan bedanya?


Mobile Double Tap

Prefab Mobile Double Tap akan mendeteksi adanya tap ganda dalam jangka waktu kurang dari satu detik. Hasil deteksi dari Mobile Double Tap adalah VarBoolean.


Jadi pasang VarBoolean


Masukan sebagai parameternya


Klik Play dan coba lakukan double tap


Status Current Value VarBoolean akan menjadi true jika double tap berhasil, dan anda bisa melakukan kondisi pada variabel ini menggunakan Checker Controller.


\Mobile Long Tap

Prefab Mobile Long Tap akan mendeteksi adanya tap tanpa bergeser dalam jangka waktu lebih dari satu detik. Hasil deteksi dari Mobile Double Tap adalah VarBoolean.


Mirip-miriplah. Do you understand teu?


Post a Comment

0 Comments