Coding Labs - Unity merupakan salah satu game engine terbesar yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Bermula dari sebuah ide untuk mengembangkan game engine yang bisa digunakan oleh studio indi berkapasitas kecil, Unity kini telah menjelma menjadi salah satu raksasa game engine. Sebagai sebuah game engine populer, Unity juga telah mengekspansi dunia pendidikan profesional. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan kursus Unity bersertifikat resmi.
Game merupakan sebuah produk yang merupakan kombinasi dari art dan programming. Kedua ilmu tersebut merupakan dua ilmu yang berbeda dan sangat sulit untuk dikuasai oleh satu orang sekaligus. Hal ini pula yang membuat Unity menyediakan berbagai macam sertifikat yang disesuaikan dengan skill profesional seseorang.
SILABUS UNITY (OFFICIAL)
Bagi para game developer pemula yang ingin memiliki karir di bidang game dan tersertifikasi secara internasional, sangat disarankan bagi anda untuk mendapatkan salah satu dari sertifkasi Unity berikut yang tentunya disesuaikan dengan minat dan skill anda.
Sertifikat Unity Developer
Sertifikat ini merupakan sertifikat dasar bagi para pengguna Unity pemula yang dapat menggunakan sofwtare Unity, memahami dasar-dasar konsep pemrograman C# pada Unity dan memahami dasar-dasar penggunaan software grafis dan integrasinya dengan Unity. Untuk dapat lolos sertifikasi Unity Developer, anda setidaknya harus mampu menguasai beberapa modul Unity berikut ini:
1: Animation (Animator System, State, Transition)
2: Asset Management (GameObjects, Model, Prefab, Sprite, Scene)
3: Audio (Audio Clip, Mixer, Source)
4: Editor Interface (Layout, Hierarchy, Inspector, Project, Scene, Toolbar)
5: Employement Preparedness (Collaboration Skill, Responsibilites)
6: Game Art Principles (Concept, Character, Environment Design)
7: Game Design Principles (Mechanic, Genre, Platform)
8: Industry Awareness (Employment, Industry, Trend)
9: Lightning (Global Illumination, Lightning)
10: Material & Effect
11: Navigation & Pathfinding
12: Physics (Rigidbody, Collider, Raycast)
13: Programming (Camera API, GameObject, Method, Function, Quaternion, Variables)
14: Project Management (Layers, Tag, Transform)
15: Services (Analytics, Cloud, Ads)
16: User Interface (Canvas, Button, Image, Rect Tool, Slider)
Untuk silabus lebih lengkapnya, anda bisa klik link berikut:
Sertifikat Unity Profesional Programmer
Sertifikat ini merupakan sertifikat khusus bagi pengguna Unity yang lebih tertarik pada sisi game programming. Kemampuan profesional programmer diuji melalui bentuk modifikasi mekanik yang bisa mereka hasilkan serta mampu membuat plugin/library yang bisa digunakan untuk mempercepat proses pembuatan game.
1: Programming Core Interaction (Input, Control, Behavior)
2: Application Systems (Menu Workflow, Ui Navigation)
3: Art Pipeline (Rendering, Lightning)
4: Particle & Effects API
5: Model & Animation Control
6: User Controlled (Character Creators, Inventory, Settings)
7: Managing User Data
8: Networking & Multiplayer
9: User Progression (Unity Analytics, In-Game Economics)
10: Scene Programming (Instantiate, Destroy, Thread)
11: Optimizing Performance (Evaluate Erros, Unity Profiles)
12: Unity Ads (Store Front, In-App Purchases)
13: Build & Publishing Configuration
14: XR Platforms Interaction
15: Version Control (Unity Collaborate)
16: Scripts Structure (Modularization, Readability & Reusability)
Untuk melihat contoh soal ujian, anda bisa klik link berikut:
Sertifikat Unity Profesional Artist
Sertifikat ini merupakan sertifikat khusus bagi pengguna Unity yang lebih tertarik pada sisi modeling dan animasi pada game. Kemampuan profesional artist diuji melalui pembuatan berbagai macam model, rigging dan animation yang mampu beradaptasi dengan frame rate pada game. Selain itu, profesional artist juga dituntut untuk mahir dalam pembuatan shader.
1: Working 3D GameObject (Import, Material, Shader, Animation)
2: Working 2D Sprite (Import, Sprite Editor, Animation)
3: Troubleshooting (Fixing Model, Rig type, Texture, Animation)
4: Animation (Keyframe, State, Parameter)
5: Unity Standard Shader Manipulation
6: Level of Detail (LOD) Object
7: Multi Terrain Generation
8: Lightning Object & Environment
9: Skyboxes & Skydoom
10: Unity Particle System (Emmision, Explosions, Trail)
11: Post-Processing Stack
12: Cinematic Rendering (Cinemachine, Track, Timeline)
13: Project Graphics Configuration
14: Unity Programming Workflow
15: Version Control (Unity Collaborate)
16: Prototype & Prefabs Management
Untuk melihat contoh soal ujian, anda bisa klik link berikut:
Sertifikat Unity Expert
Sertifikat ini merupakan sertifikat yang hanya bisa didapatkan oleh pengguna Unity yang sangat ahli pada bidang-bidang spesific dalam pembuatan game seperti Shader Programming, dan Gameplay Programming.
Untuk melihat contoh soal ujian, anda bisa klik link berikut:
SILABUS UNITY (STUDENT)
Bagi para praktisi yang tidak membutuhkan sertifikat, rangkuman garis besar silabus untuk bisa menguasai Unity dapat dijabarkan melalui Unity C4 yaitu Create, Controlling, Collision, dan Collaboration.
1. Unity Introduction
Fokus dalam Unity Introduction adalah memahami konsep penggunaan software Unity sebagai sebuah game engine. Unity Introduction fokus pada tahap CREATE yang terdiri dari:
1: Unity Mother Structure (Project, Scene, GameObject, Component, Variable)
2: Unity Window (Assets, Hierarchy, Inspector, Scene, Game)
3: Unity Workflow (Save/Load, Import/Export)
4: Unity Camera & Light
5: Unity GameObject & Sprite
6: Unity Transform (Position, Rotation, Scale)
7: Unity Material & Mesh Renderer
8: Unity Rigidbody & Collider
9: Unity Prefabs
10: Unity Canvas (Button, InputField, Image)
11: Unity Asset Store & Package Manager
12: Unity Pro Builder & Terrain
13: Unity Animation & Animator
14: Unity Sprite & Tile Pallete
15: Unity Event
16: Unity Publishing
2. Unity Programming
Fokus dalam Unity Programming adalah memahami bagaiaman konsep pemrograman C# bekerja dalam lingkungan Unity. Unity Programming fokus pada tahap CONTROLLING dan COLLISION yang terdiri dari:
1: Unity C# Hello World
2: Unity Private & Public Variable
3: Unity LoadScene
4: Unity Find GameObject
5: Unity GetComponent
6: Unity Input (GetKey, GetKeyDown, GetKeyUp)
7: Unity Vector3 (Position, Translate, Lerp, MoveTowards, Distance)
8: Unity Class Serializable
9: Unity Enumeration
10: Unity Instantiate
11: Unity Invoke & StartCoroutine
12: Unity PlayerPref
13: Unity Collision & Trigger
14: Unity WebRequest & JSON
15: Unity GUI & UI
16: Unity XML
3. Unity Design
Fokus dalam Unity Design adalah memahami bagaiaman konsep model dan animasi yang dibangun dari softwara grafis seperti Blender/3D Max dapat digunakan pada Unity. Unity Design fokus pada tahap CREATE dan COLLABORATION yang terdiri dari:
1: Unity 3D Model (Obj, Fbx)
2: Unity Rigging & Animation
3: Unity Animator & Parameter
4: Unity Animation State Transition
5: Unity Blending Animation
6: Unity Lightning & Skybox
7: Unity Particle Effects
8: Unity Texture Projector
9: Unity Canvas Layout (Grid)
10: Unity UI Design (Anchor, Scaler, Masking)
11: Unity Material & Texture Shading
12: Unity Physics Material
13: Unity Prefabs Management
14: Unity Cinemachine & Timeline
15: Unity Recording
16: Unity Post Processing Effect
4. Unity Extended Reality (XR)
Fokus dalam Unity XR adalah menerapkan konsep game pada teknologi terkini seperti Virtual Relaity (VR), Augmented Reality (AR) dan Mixed Reality (MR).
1: Unity Augmented Reality (AR) - Vuforia Introduction
2: Unity AR Single & Multiple Marker
3: Unity AR 3D Object Marker
4: Unity AR Virtual Button
5: Unity AR GPS
6: Unity AR Groundplane dan Markerless
7: Unity Virtual Reality (VR) - Occulus SDK
8: Unity VR Head Movement
9: Unity VR Gaze Control
10: Unity VR Hand Tracking
11: Unity VR Grabble Object
12: Unity VR Pose Animation
0 Comments