Berikut ini adalah tutorial untuk melakukan pergerakan karakter 3D menggunakan Player Controller dan Camera View. Untuk kebutuhan tutorial ini, sangat direkomendasikan bagi anda untuk membuat terlebih dahulu karakter yang akan digunakan dan animasinya.
Untuk keperluan tutorial kali ini, download terlebih dahulu karakter Naruto/Sasuke/Kakashi yang disediakan oleh Game Asssets Online.
Isi dari file yang didownload adalah file bertipe OBJ dan Texture
Selanjutnya buka web Mixamo.com. Website adalah website yang mampu mempermudah proses rigging dan animasi
Klik tombol Upload Character
Lalu masukan karakter Naruto (file .OBJ)
Jika tidak ada kesalahan maka tampilannya akan terlihat seperti ini
Klik 8 titik rigging sesuai pada contoh gambar. Yang pertama adalah DAGU
Yang kedua & ketiga adalah PERGELANGAN TANGAN
Yang keempat & kelima adalah SIKU
Yang keenam & ketujuh adalah SIKU
Dan.. yah gitulah.
Klik Next dan tunggu beberapa saat sampai proses auto rigging selesai
Jika tidak ada kesalahan, maka hasilnya adalah sebagai berikut
Pilih animasi yang anda butuhkan (IDLE)
Selanjutnya download dalam format FBX
Lakukan hal yang sama untuk animasi WALK
Lakukan hal yang sama untuk animasi ATTACK
Lakukan hal yang sama untuk animasi DEATH
Setelah proses pembuatan animasi berhasil, buka Unity
Buat folder baru dengan klik pada tombol Create
Misal, buat folder Naruto
Drag seluruh file yang didownload ke sana
Selanjutnya, Import Package Zetcil VARIABLE MODEL (Package inti Zetcil Framework yang harus diimport terlebih dahulu)
Selanjutnya, Import Package Zetcil CAMERA VIEW (Package untuk mengendalikan berbagai jenis mekanik kamera dalam game)
Selanjutnya, Import Package Zetcil PLAYER CONTROLLER (Package untuk mengendalikan berbagai jenis mekanik karakter dalam game)
Selanjutnya, Import Package Zetcil XTRAS BREADCRUMB (Package untuk mengendalikan karakter AI dalam game)
0 Comments