Coding Labs - Ada banyak jenis variabel yang dikenal oleh Unity. Selain beberapa variabel dasar seperti string, integer, float dan boolean, Unity juga mengenal beberapa jenis variabel khusus game yang merupakan class utama Unity. Pada tutorial ini, kita akan menggunakan Zetcil Framework untuk mengelola variabel String, Score dan Timer.
Buat aplikasi baru dengan Unity.
Import Variabel Model
Import Canvas View
Variabel String
Tambahkan VarString pada Hierarchy
Isikan CurrentValue dengan "Hello World"
Klik Play untuk menjalankan game. Ada Hello World nya? YA GA BAKALAN ADA ATUH!
Karena langkah barusan hanya MEMBUAT variabel, dan bukan MENAMPILKANNYA. Agar bisa tampil di layar, tambahkan Canvas
Kira-kira seperti ini
Tambahkan UIText.View masukan ke Canvas
Paku di pojok kiri agar nggak kemana-mana
Atur bentuk dan ukuran font
Klik Play untuk menjalankan game. Ada Hello World nya? YA GA BAKALAN ADA ATUH!
Langkah tadi baru MENYIAPKAN teks untuk menampilkan tulisan. Teks ini belum DIHUBUNGKAN dengan variabelnya. Jadi ya ga bakalan tampil. Pilih jenis variabel yang akan ditampilkan, misal Var String.
Masukan Variabel String ke dalamnya
Klik Play! Nah, gini baru bener!
Variabel Score
Pada bagian ini, kita akan coba menampilkan Score. Jadi hapus VarString dan tambahkan VarScore pada Hierarchy
Ganti tipenya jadi Score Var
Kasih Prefix misal: Score Anda:
Klik Play dan lihat hasilnya.
Jika anda nilai Current Value pada VarScore maka secara otomatis, nilainya akan bertambah juga
Variabel Time
Pada bagian ini, kita akan coba menampilkan Time. Jadi hapus VarScore dan tambahkan VarTime pada Hierarchy.
Atur nilainya, misal 90 dan set Decrement (hitung mundur)
Atur pula jenis Variabelnya menjadi VarTime
Dan pasangkan VarTime
Klik Play dan lihatlah apa yang terjadi. Waktunya sudah hitung mundur kan?
Next, ganti format waktunya menjadi MMSS. Fungsinya buat apa?
Silahkan klik Play dan cari perbedaannya. Ketemu?
0 Comments