Coding Labs - Berikut ini adalah tutorial dasar untuk melakukan integrasi Windows Speech Engine dengan Unity. Secara singkat, tutorial ini akan mencoba memanfaatkan algoritma Windows dalam menangkap suara dan menerjemahkannya ke dalam teks. Teks tersebut akan diubah menjadi suatu perintah untuk memodifikasi/berinteraksi dengan GameObject Unity.
Pada tutorial kali ini kita akan mencoba membuat kuis versi lanjutan pada pendeteksian suara yang berintegrasi dengan score.
Buat aplikasi baru dengan Unity
Tambahkan prefab Speech Recognition
Tambahkan prefab VarString
Pasang VarString dan tambahkan 3 kata misal one, two, three
Tambahkan prefab VarList
Tambahkan prefab VarInteger
Pada prefab VarList, pasang 3 kata yang sama seperti sebelumnya
Tambahkan Canvas
Tambahkan UIList.View (jangan lupa di paku ke pojok kiri)
Pasangkan VarList
Dan ketikan teks penjelas, misalnya: Says This Word
Balik lagi ke prefab Speech Controller, atur Event Setting, namun kali ini setiap kali terdeteksi kata yang benar, tambah index VarInteger + 1
Lakukan juga untuk kata lainnya, dan untuk kata terakhir, set Index kembali menjadi 0
Karena katanya hanya ada 3, maka atur Max Value pada VarInteger = 3
Klik Play, dan cobalah mengucapkan kata yang sesuai dengan yang ditampilkan di Canvas
Mekanik visualnya sudah, sekarang tinggal membuat mekanik scorenya. Untuk itu kita butuh Game Controller
Tambahkan Checker Controller
Atur deteksi Checker terhadap VarString
Lupa euy! Tambahkan dulu VarScore
Habis itu baru bikin pendeteksian, jika isi VarString = one maka VarScore + 100 dan nilai VarString dikembalikan jadi "" (string kosong)
Tes dulu bisi gagal
Jigana mah sukses. Berarti tinggal copas ceker ayamnya, bikin untuk kata-kata yang lain
Tambahkan UI Text dan paku di pojok kanan atas
Atur nilai parameternya dan pasang VarScore
Klik Play dan cobalah untuk mengucapkan kata-kata yang ditampilkan
Bisa? Mantap. Congratulations lah pokokna mah.
0 Comments