Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Unity Simple Tutorial #05 - Shooting


Coding Labs - Tutorial ini akan menjelaskan tentang pembuatan penembakan sederhana menggunakan Unity Controller Package, khususnya script This, That dan Public. Jika anda belum paham konsep dari ketiga jenis script tersebut, dipersilahkan untuk melihat postingan sebelumnya.


Kita akan menggunakan project sebelumnya (Cube yang bisa bergerak dengan keyboard) dan menambahkan fungsi penembakan sederhana. 




Untuk kita perlu peluru yang bisa dibuat dengan membuat Sphere melalui menu GameObject > 3D Object > Sphere



Atur tampilannya kira-kira sebagai berikut



Tambahkan script This Transform Translate pada Sphere



Atur arahnya ke depan Vector3.Forward dengan Speed = 1



Klik PLAY dan amati yang terjadi



Dalam game, sebuah peluru adalah objek yang harus dihancurkan jika mengenai sesuatu atau berada pada durasi tertentu. Jadi kita tambahkan script This Game Object Destroy



Atur waktu Delay hancurnya selama 3 detik



Klik PLAY dan amati yang terjadi



Untuk penembakan dengan keyboard, kita butuh 1 key lagi yang bisa dideteksi, sehingga kita naikkan Size = 5



Agar Cube bisa MENEMBAKKAN Sphere, perlu sebuah script khusus yang bernama Public Instantiate (agar lebih mudah dibaca  Instantiate bisa diartikan sebagai Menggandakan/ Menduplikasi/ Meng-copy-paste sebuah objek)



Dalam parameter yang disediakan, masukan Prefab Game Object = Sphere dan Parent Game Object = Cube. Hal ini dibaca sebagai "Parent" menciptakan sebuah duplikasi dari "Prefab"



Untuk pengaturan tombol ke 5 atau Space nya bisa diatur dengan memanggil fungsi InstantiateGameObject()



Kira-kira hasil dari pengaturannya adalah sebagai berikut.



Klik PLAY dan amati yang terjadi.



Dalam kasus penembakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Peluru yang ditembakan harus mampu bergerak (PublicTransformTranslate)
2. Peluru yang ditembakan harus hancur dalam waktu tertentu (PublicDestroy)
3. Peluru yang ditembakan harus diduplikasi dari objek yang TIDAK PERNAH HANCUR

Dalam kasus sebelumnya, peluru ditembakkan dari objek yang telah dipasangi script PublicDestroy, sehingga untuk mengatasinya, objek peluru (Sphere) perlu dijadikan Prefab terlebih dahulu. Cara menjadikan Prefab adalah dengan men-drag GameObject dari panel Hierarchy ke tab Project.



Setelah peluru menjadi prefab (ditandai dengan icon biru muda), hapuslah objek peluru dari Hierarchy



Kemudian atur ulang pemasangan peluru dari tab Project



Klik PLAY dan perhatikan apa yang terjadi.



Post a Comment

0 Comments